Nurhasanah, Nurhasanah (2022) PENGGUNAAN STRATEGI STARTER EXPERIMENT APPTOACH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI TEKANAN KELAS VII DI SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran Starter Experiment Approach terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design dimana teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok subjek penelitian yaitu kelas VIII.3 kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan Strategi Pembelajaran Starter Eksperimen Approach (SEA) sedangkan kelas VIII.2 merupakan kelas control yang tidak diberikan perlakuan Strategi Pembelajaran Starter Eksperimen Approach (SEA). Dilihat dari pengumpulan data yang telah diperoleh, hasil perhitungan nilai rata-rata aspek kognitif kelas eksperiment sebesar 80,61 dan kelas kontrol sebesar 68,87. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan bahwa, aspek kognitif dengan nilai to ≥ tt yaitu 3,75 > 2,00 DAN 3,75 > 2,65. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Strategi Starter Eksperiment Approach (SEA) terhadap hasil belajar fisika siswa Sekolah Menengah Pertama Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan Strategi Starter Eksperiment Approach (SEA) dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi tekanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 01:34 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 01:34 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1315 |