Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Peran Guru Al-Qur'an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal-Irsyad Benteng Provinsi Riau

Ratna Sari, Ratna Sari (2023) Peran Guru Al-Qur'an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal-Irsyad Benteng Provinsi Riau. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Dawah Wal-Irsyad Benteng Riau, dengan pokok masalah: Bagaimana peran guru Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’a Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Dawah Wal-Irsyad Benteng Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’a Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Dawah Wal-Irsyad Benteng Riau. Melalui guru mata pelajaran Al-Qur’an, siswa kelas VII dan kepala Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Benteng Provinsi Riau. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Benteng Riau. Metode keabsahan data menggunakan Triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa guru Al-Qur’an memiliki peran yang sangat penting dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an di Madrasah. Menjadi pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an telah dijalankan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Selain itu perlunya peran guru Al-Qur’an dikarenakan siswa masih memerlukan bimbingan dalam membaca Al-Qur’an khususnya pada pelafalan makhorijul huruf, tajwid dan hurf hijaiyah yang bersambung. Dalam menjalankan perannya guru berupa mengadakan bimbingan Al-Qur’an setiap pagi hari yang dibimbing eksklusif oleh guru di bidang Al-Qur’an, Menciptakan fasilitas serta sarana prasarana yang menunjang peserta didik dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, buku iqra’, juz’ama dan Al-Qur’an dan meningkatkan rendahnya minat membaca Al-Qur’an pada diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:06
Last Modified: 16 Jun 2025 04:06
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item
View Item