Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGGUNAAN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JAMA’AH DESA PEBENAAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU

H. LINTAR, H. LINTAR (2023) PENGGUNAAN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JAMA’AH DESA PEBENAAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelisik penggunaan Sarana Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indraigiri Hilir Riau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Penggunaan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indraigiri Hilir Riau Penggunaan atau pemakaian sarana dan prasarana pendidikan disekolah merupakan tanggungjawab kepala sekolah pada setiap jenjang pendidikan. Untuk kelancaran kegiatan tersebut, bagi kepala sekolah yang mempunyai wakil bidang sarana dan prasarana atau petugas yang berhubungan dengan penanganan saran dan prasarana sekolah diberi tanggung jawab untuk menyusun jadwal tersebut. yang perlu diperhatikan dalam penggunaan sarana dan prasarana adalah: a) Penyusunan jadwal harus dihindari benturan dengan kelompok lainnya b) Hendaklah kegiatan-kegiatan pokok sekolah merupakan prioritas utama c) Waktu atau jadwal penggunaan hendaknya diajukan pada awal tahun pelajaran d) Penugasan atau penunjukan personil sesuai dengan dengan keahlian pada bidangnya e) Penjadwalan dalam penggunaan sarana dan prasarana sekolah, antar kegiatan intrakulikuler dengan ekstrakulikuler harus jelas. Faktor pendukung dalam penggunaan sarana prasarana adalah adanya dukungan dari berbagai pihak sehingga dalaam penggunaan sarana prasarana pendidikan dapat di pantau secara bersama-sama sedangkan faktor penghambat dalam penggunaan sarana dan prasarana adalah kurangnya pemahaman guru dalam hak Penggunaan sarana dan prasarana, kurangnya pemahaman para staf dalam Penggunaan sarana dan prasarana sehingga penggunaan sarana prasarana dilakukan tidak sesuai dengan kegiatan yang telah di lakukan dan di sepakati bersama. Memotivasi dengan membentuk kebiasaan belajar yang baik, menjelaskan tujuan belajar kepada siswa, memberikan ulangan secara berkala, memberikan PR bagi siswa. Dan bagi siswa yang berprestasi rendah diberikan perhatian yang maksimal pada pelajaran pendidikan agama Islam dan juga memberikan tugas tambahan untuk membangkitkan semangat dalam belajar agar prestasi bisa meningkat, memotivasi dengan membangkitkan minat belajar siswa seperti membandingkan adanya suatu kebutuhan pada diri anak didik sehingga rela belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:05
Last Modified: 16 Jun 2025 03:05
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item
View Item