Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Problematika Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan

Nurin Badri Yana, Nurin Badri Yana (2023) Problematika Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, artinya yaitu penulis akan mendeskripsikan metode pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari data primer dan skunder. Sumber data primer dalam penelitian ini langsung dari sumber datanya yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan arsip MTs N 1 Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik reduksi data, dan penyajian data atau penarikan kesimpulan. yang melatar belakangi penelitian ini yaitu: Problem siswa yang meliputi, kurangnya semangat dalam belajar, Problem guru yang meliputi: kurangnya motivasi dan kurang jelasnya guru dalam menyampaikan materi, Problem lingkungan, problem kurikulum dan Problem sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan mengurangi problematika yang terjadi dalam pembelajaran khususnya Al-Qur’an Hadits.Usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas yaitu: Siswa di perintahkan untuk membiasakan diri dalam membaca Al-Qur‟an dan mengikuti ekstrakurikuler BTQ. Memberi motivasi kepada siswa agar menjadi pribadi yang pemberani dan percaya diri. Guru mencoba untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat mudah diterima oleh semua siswa serta guru memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kesulitan dalam menerima materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:58
Last Modified: 16 Jun 2025 02:58
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item
View Item