Zul Vika Sari, Zul Vika Sari (2023) Penerapan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sabilil Huda Kabupaten Inhil Riau. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan tuntutan kecakapan abad 21, kemampuan ini penting di miliki sebagai bekal bagi siswa untuk berpikir secara mendalam. Namun kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sabilil Huda masih rendah. Model Guided Inquiry di jadikan solusi dalam meningkatkan berpikir kritis siswa karena model pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif untuk berpikir. Guru memiliki peran penting untuk membimbing siswa dan melatih siswa dengan memberikan pertanyaan dan menyajikan soal atau masalah kritis yang harus di selesaikan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sabilil Huda. Penelitian ini di laksanakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan, sedangkan teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I di peroleh hasil dengan presentase 72%, kemudian pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 83% kualifikasi baik. Sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I di peroleh hasil 83% dan meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kualifikasi baik sekali. Berdasarkan data tersebut menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dalam penerapan model guided inquiry dalam proses pembelajaran dan peningkatan siswa dari kemampuan berpikir kritis. Pernyataan tersebut juga di dukung dengan hasil tes uraian yang memperoleh hasil: pada prasiklus dari 18 siswa hanya 5 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 27% (sangat kurang). Sedangkan hasil tes siklus I menunjukkan peningkatan dengan hasil sebanyak 12 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 66% (cukup). Kemudian, hasil siklus II di peroleh sebanyak 16 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 88% (baik). Berdasarkan data yang telah di peroleh dari penelitian yang telah di laksanakan maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model guided inquiry mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sabilil Huda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:38 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1260 |