Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

RESTAMA FIRDAUS, RESTAMA FIRDAUS (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Restama Firdaus.(2023).Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan strategi pembelajaran Joyfull Learning, menguraikan kendala dan upaya penerapan strategi pembelajaran Joyfull Learning dan mendeskripsikan evaluasi strategi pembelajaran Joyfull Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Muaro Jambi.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis data yaitu data primer dan sekunder sedangkan subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru dan siswa kelas VIII.A. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis domain, taksonomi, kompenensial dan triangulasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan strategi pembelajaran Joyfull Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Muaro Jambi dilaksanakan dengan melaksanakan aktifitas dalam Membuka Pelajaran (Tahapan Persiapan strategi pembelajaran Joyfull Learning) dengan melakukan appersepsi, pelaksanaan pembelajaran (tahap penyampaian dan pelatihan) dengan melaksanakan tahap-tahap pembelajaran menyenangka dan kegiatan proses kegiatan penutup pembelajaran (tahap penutup). Kendala guru pada pembelajaran dihadapkan pada beberapa siswa masih kurang aktif dan terlibat dalam belajar, beberapa siswa belum seluruhnya berani bertanya, menjawab dan mengajukan pertanyaan dan masih ada siswa yang sulit menciptakan suasana kondusif. Sedangkan upaya guru diantaranya membimbing siswa lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran sehingga siswa mampu berinteraksi secara aktif, terlibat dalam pembelajaran membimbing siswa untuk lebih kreatif dalam pembelajaran sehingga siswa mampu menyampaikan ide dan gagasan serta membimbing keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Evaluasi strategi pembelajaran Joyfull Learning dapat dinyatakan bahwa evalusi penerapan strategi pembelajaran Joyfull Learning cukup maksimal dilaksanakan karena dalam kegiatan pembelajaran guru melakukan tahap persiapan, penyampaian, pelatihan dan petunup yang dilakukan dengan perencanaan yang baik, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 11 Jun 2025 08:36
Last Modified: 11 Jun 2025 08:36
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item
View Item