Rani Fitriani, Rani Fitriani (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan, keefektifan dan kepraktisan LKPD tersebut. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan tujuh tahapan, yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan produk. Hasil analisis validasi dari ahli diperoleh penilaian hasil validasi materi dengan rata-rata 4,14 (Valid), hasil validasi media dengan rata-rata 4,5 (Valid), dan hasil validasi Bahasa dengan rata-rata 4,4 (Valid). Berdasarkan respon guru diperoleh hasil penilaian dengan rata-rata 4,4 (Praktis) dan respon siswa diperoleh hasil penilaian dengan rat-rata 4,28 (Praktis). Dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa tampak bahwa peserta didik yang tuntas dengan KKM 70 adalah 85% mencapai syarat ketuntasan KKM. Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD dapat memfasilitasi proses pembelajaran secara mandiri dan kelompok.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:28 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:28 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1220 |