Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI

salmah, Siti (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran guru akidah akhlak dalam membina
kedisiplinan siswa Di MTs An-Nizham Kota Jambi. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dalam
berbentuk observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1). Peran guru akidah akhlak dalam membina kedisiplinan
siswa yaitu sangatlah penting dalam membina kedisiplinan siswa seperti
mengajari siswanya untuk bergotong royong agar lingkungan sekolah terlihat rapi
dan bersih. Guru akidah akhlak juga mengajari siswanya untuk selalu datang tepat
waktu membuat permainan bersama tentang apa itu kedisiplinan, dan
mengarahkan siswanya supayah melakukan sholat dhuha setiap pagi. 2). Upaya
yang guru akidah akhlak lakukan dalam membina kedisiplinan di kelas VIII B
yaitu upaya dalam membina kedisiplinan siswa melalui peneggakkan peraturan
seperti saat siswa berada di dalam kelas atau di luar kelas dan peraturan-peraturan
lainnya guru akidah akhlak pun memberikan hukuman kepada siswa yang tidak
disiplin, untuk memeperbaiki dan menyadarkan prilaku siswa yang berbuat salah
agar siswa tersebut tidak melakukan kesalahan yang sama lagi, hukuman yang
diberikan oleh guru di sesuaikan dengan tingkat kesalahan yang diperbuat contoh
teguran yang di berikan kepada siswa yaitu seperti teguran secara lisan sanksi
dalam bentuk tindakan, memanggil orang tua,hingga diberhentikan dari sekolah.
3). Fakror penghambat dan pendukung dalam membina kedisiplinan siswa kelas
VIII B yaitu faktor pendukung atau upaya yang dilakukan agar permasalahan
kedisiplinan siswa biasanya tanpak jelas dari menurunnya kinerja akademik atau
hasil belajarnya permasalahan-permasalahan tersebut kedisiplinan itu sudag ada
wadahnya di sekolah, seperti mushola dan mukenah untuk perempuan, dan sarana
prasarana yang ada di sekolah faktor penghambat dalam melakukan pembentukan
kedisiplinan siswa diantaranya tidak ada CCTV dan satpam kurangnya tong
sampah untuk siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:34
Last Modified: 11 Jun 2025 07:34
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item
View Item