YULIATEN, YULIATEN (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN MELALUI MEDIA FACEBOOK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro Bielda Cake Di Desa Betung Kecamatan Kumpeh). Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan yang sering dihadapi oleh pelaku usaha mikro kecil menengah
dalam pemasaran adalah salah satunya adanya persaingan yang ketat antar
perusahan dan masalah pasar dan persaingan produk sehingga dibutuhnya sebuah
strategi pemasaran dan kebutuhan manusia semakin meningkat dan semakin
berkembang disetiap waktu. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi
yang semakin canggih untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan
memperluas jangkauan dagangan dengan cara mempromosikan barang dengan
jaringan internet atau yang dikenal dengan jual beli online. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah Bagimana strategi bauran pemasaran (Marketing mix)
yang dilakukan oleh usaha mikro di Bielda Cake serta Bagaimana perspektif
ekonomi islam atas praktik strategi pemasaran melalui media facebook di Bielda
Cake. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran
pemasaran (Marketing mix) yang dilakukan oleh usaha mikro di Bielda Cake serta
untuk mengetahui perspektif ekonomi islam atas praktik strategi pemasaran
melalui media facebook di Bielda Cake. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif, dengan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Data-
data yang dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pemilik Toko Bielda
Cake dan dokumentasi. Penulis melakukan penelitian pada Toko Bielda Cake
yang berlokasi di Desa Betung, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa Toko Bielda Cake
memasarkan produknya dengan menggunakan bentuk pemasaran melalui sistem
online yang meliputi sosial media facebook. Selain itu, Toko Bielda Cake juga
menerapkan strategi pemasaran dengan mengembangkan bauran pemasaran atau
marketing mix yang terdiri dari empat unsur yaitu produk, harga, lokasi dan
promosi. Produk yang dijual menggunakan bahan yang berkualitas dan tidak
berbahaya, harga sesuai dengan kualitas, promosi dengan memanfaatkan media
facebook dan papan reklame, dan lokasi yang strategis di pinggir jalan. Strategi
pemasaran melalui media Facebook sudah sejalan dengan prinsip pemasaran yang
terkandung dalam ekonomi Islam yaitu jujur tidak menipu, pelayanan yang
maksimal, dan adil tanpa membeda-bedakan konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:33 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:33 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1195 |