Muthoharoh, Luluk (2023) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini mengungkapkan fakta bahwa perkembangan internet terutama gadget memberikan dampak bagi siswa, karena itu diperlukan upaya oleh guru membantu mengatasi dampak negatif gadget pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bungo sehingga siswa dapat menggunakan gadget secara bijak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak negatif gadget pada siswa siswa, upaya yang dilakukan guru Aqidah Akhlak mengatasi dampak negatif pada siswanya dan kendala guru dalam mengatasi dampak tersebut. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian, subjek penelitian adalah guru Akidah Akhlak, siswa dan Kepala Madrasah. Observasi, wawancara terstruktur dan dokumentsi sebagai teknik dalam pengumpulan data yang kemudian dilakukan olah data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget pada siswa berdampak diantaranya membuat ketergantungan mereka pada gadget, menghabiskan waktu luang sehingga motivasi untuk belajar menurun, lalai mengerjakan tugas, malas, dan fokus pada belajar berkurang. Selain itu berdampak pada perilaku keseharian ketika bertutur kata, berpakaian, menunjukkan sikap individual dan tidak bersosialisasi. Upaya oleh guru Akidah Akhlak dalam mengatasi dampak tersebut dimana siswa diberikan pendampingan, arahan dan bimbingan, penugasan seperti melaksanakan program kultum di setiap Jumat, pemberian motivasi belajar, pembiasaan contoh tauladan yang baik serta pemberian sanksi jika pelanggaran dilakukan. Di sisi lain guru dalam mengatasi penggunaan gadget siswa menemukan kendala antara lain waktu yang sedikit untuk dapat mengawasi, mengarahkan dan membimbing siswa karena tugas mengajar guru, siswa yang tidak disiplin dan masih kurangnya kesadaran diri siswa.Untuk itu diharapkan tanggung jawab Bersama pihak madrasah dan orang tua membantu tumbuhnya kesadaran siswa dalam menggunakan gadget sebagai media dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 05:40 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 05:40 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/116 |