Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

SISKA, SISKA (2024) PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang masalah yang terjadi di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1
Kabupaten Tanjung Jabung Barat yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang disebabkan karena kurangnya metode dan
strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang mengajar. Siswa sering kali
merasa bosan dan tidak dapat menangkap materi pembelajaran dengan baik. Tujuan
dari peneliti yaitu ingin mengetahui lebih dalam terhadap penerapan metode
pembelajaran yang baru yaitu Metode pembelajaran outdoor learning sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning dalam mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI B Sekolah
Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang berjumlah 27
orang serta menggunakan metode pembelajaran outdoor learning untuk
meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI B Sekolah
Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Metode pembelajaran
ini dapat membantu siswa melakukan kegiatan kerja sama yang efektif, saling bagi
informasi, serta mendengar dan mengaplikasikan ide-ide yang didapatkan. Hasil
penelitian ditunjukkan pada setiap siklus, dimulai saat pra siklus (observasi awal)
nilai rata-rata siswa yang tuntas hanya 22, 72%, sementara target pencapaian Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat
menjadi 72, 72% dan pada siklus II rata-rata ketuntasan kembali meningkat menjadi
95,45%. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Outdoor Learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI B Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1
Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar
para guru dapat menerapkan metode pembelajaran Outdoor Learning dalam
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:56
Last Modified: 11 Jun 2025 01:56
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item
View Item