Purwanti, Eni (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU TEBUIRENG 4 AL-ISHLAH KUALA GADING KECAMATAN BATANG CENAKU KABUPATEN INDRAGIRI HULU PROVINSI RIAU. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Temuan dalam penelitian ini adalah: Pertama, guru Pendidikan Agama
Islam di SMAIT Tebuireng 4 Al-Ishlah menerapkan metode pembelajaran
inovatif dan manajemen kelas yang efektif dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa. Guru-guru juga menerapkan manajemen kelas yang efektif
dengan aturan yang jelas, ekspektasi perilaku yang konsisten, dan pembinaan
disiplin yang positif. Guru juga memberikan bimbingan tambahan kepada siswa
yang memerlukan, menciptakan lingkungan inklusif di mana setiap siswa
memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya. Guru-guru
memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan menggunakan alat-alat
digital dan sumber daya online. Kedua, Faktor pendukung adanya dukungan
dari pihak administrasi sekolah sangat penting dalam kesuksesan
implementasi manajemen kelas yang efektif. Guru yang telah menerima
pelatihan yang baik dalam manajemen kelas memiliki keterampilan yang lebih
baik dalam mengelola kelas dan meningkatkan motivasi belajar siswa. sumber
daya yang memadai, budaya sekolah yang mendukung pembelajaran.
Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan sumber daya seperti
ruang kelas yang sempit atau fasilitas yang kurang memadai, Masalah disiplin
siswa, Keterlibatan orang tua yang rendah atau tidak mendukung dapat
menghambat upaya pendidikan di rumah dan di sekolah. Kurikulum yang kaku
dan tidak menarik, ketidaksetaraan dalam akses pendidikan. Ketiga, Upaya
dalam manajemen kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas IT Tebuireng 4 Al-Ishlah
adalah guru menggunakan metode pembelajaran yang interaktif seperti diskusi
kelompok, studi kasus, dan permainan peran, guru menciptakan lingkungan
kelas yang positif dengan suasana yang nyaman, pujian yang memotivasi, dan
umpan balik konstruktif. guru mampu mengelola konflik atau masalah dengan
bijak, guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan
menggunakan alat-alat digital dan sumber daya online, guru melaksanakan
pengawasan dan Pemantauan, guru menjaga komunikasi terbuka dengan
orang tua siswa dan mengajak mereka untuk berperan aktif dalam mendukung
motivasi belajar anak-anak mereka. guru menggunakan materi pembelajaran
yang relevan dan sesuai dengan kepentingan siswa, guru memberikan tugas
atau proyek yang menantang kepada siswa, yang dapat merangsang minat
siswa dan memotivasi mereka untuk mengembangkan keterampilan dan
pengetahuan. guru memberikan penghargaan atau pengakuan kepada siswa
yang berprestasi atau yang telah berusaha keras.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 01:52 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 01:52 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1157 |