hakami, Yazid (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU MUSLIMATUL ITTIHADZIAH PARIT SUBULUS SALAM DESA PANCUR KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Strategi Pembelajaran Al-
Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa
Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muslimatul Ittihadziah Parit
Subulus Salam Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir
Riau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, Wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, display
data dan penarikan kesimpulan.
Pertama, Strategi Pembelajaran Al-Qur'an Hadis di Sekolah Menengah
Pertama Islam Terpadu Muslimatul Ittihadziah mencakup tiga Strategi utama:
Strategi Iqra', Strategi Qira'aty, dan Strategi An-Nahdliyah. Ketiga Strategi
ini menciptakan pendekatan komprehensif dalam pengajaran Al-Qur'an,
memungkinkan siswa untuk memahami tajwid, penghayatan, dan
pemahaman makna Al-Qur'an. Kedua, Kemampuan membaca Al-Qur'an
siswa di sekolah ini terlihat meningkat dengan baik. Siswa memiliki kebiasaan
shalat dan ibadah, membaca Al-Qur'an setiap hari, berpartisipasi dalam
kegiatan keagamaan, memiliki kesadaran etika dan moral yang baik,
menunjukkan sikap peduli, dan mendapatkan dukungan dari guru-guru yang
berperan dalam pengawasan dan pembinaan.Ketiga ,Strategi pengajaran Al-
Qur'an, yaitu Strategi Iqra', Strategi Qira'aty, dan Strategi An-Nahdliyah,
memberikan dampak positif pada pembelajaran Al-Qur'an. Masing-masing
memiliki keunggulan sendiri dalam mengembangkan pemahaman siswa
tentang Al-Qur'an. Keempat, Faktor pendukung dalam strategi pembelajaran
Al-Qur'an dan Hadis mencakup komitmen siswa, ketersediaan sumber
belajar, dukungan orang tua, kualitas pengajaran, dan lingkungan sekolah
yang mendukung. Sementara faktor penghambat meliputi kurangnya motivasi
siswa, keterbatasan sumber daya, teknologi yang terbatas, gangguan
lingkungan, dan kesibukan lainnya. Dengan memanfaatkan faktor pendukung
dan mengatasi faktor penghambat, sekolah dapat terus meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Pascasarjana > Doktor Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 01:48 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 01:48 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1155 |