SALBA, NURLINA (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA SD ISLAM AS’AD KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegiatan pembelajaran PJOK pada materi gerak dasar lokomotor di SD Islam
As’ad Kota Jambi pada mulanya hanya menggunakan metode konvensional
diantaranya adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan beraktivitas di
lapangan. Tercapainya tujuan pembelajaran gerak dasar lokomor peneliti
mengaharapkan meningkatnya kecerdasan kinestetik pada siswa karena salah satu
ciri berkembangnya kecerdasan kinestetik adalah mampu mengontrol gerakan tubuh
menjadi gerakan yang gesit serta mempu meniru gerakan orang lain dengan
baiktujuan penelitian ini yaitu : mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran
role playing untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa kelas II A SD Islam
As’ad Kota Jambi dan mendeskripsikan hasil peningkatan metode pembelajaran role
playing untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa kelas II A SD Islam As’ad
Kota Jambi. Teknik analisis data : reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau
verifikasi, adapun sumber data : narasumber, dokumentasi, dan proses belajar
mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model
Jhon Elliot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan
kinestetik pada siswa kelas II A SD Islam As’ad Kota Jambi sebesar 87 % dari pra
siklus I seblumnya 50 % dengan penerapan metode Role playing pada pembelajaran
PJOK dengan materi gerak dasar lokomotor.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:51 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:51 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1153 |