Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Direct Instruction pada Materi Besaran Dan pengukuran

Ihsan Avif Pratama, Ihsan Avif Pratama (2023) Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Direct Instruction pada Materi Besaran Dan pengukuran. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh 1) belum optimalnya kegiatan praktikum dilaboratorium fisika UIN STS Jambi, 2) belum adanya lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran, 3) belum lengkapnya sarana berupa alat-alat di laboratorium fisika UIN STS Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran, 2) mengetahui validitas lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran, 3) mengetahui respon mahasiswa pada lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Developmet) yang menggunakan model 4D. Tahap penelitian ini meliputi Define, Design, dan Development. Subjek penelitian ini yaitu satu orang ahli materi, satu orang ahli media, satu orang ahli bahasa dan mahasiswa yang sudah mempelajari matakuliah eksperimen fisika yang terdiri dari 10 orang mahasiswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket mahasiswa. Data hasil validasi dan respon mahasiswa di analisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran. Lembar kerja ini terdapat lima percobaan yaitu alat ukur panjang, alat ukur massa, alat ukur suhu, alat ukur waktu, dan alat ukur arus dan tegangan. Hasil validasi ahli materi yaitu 78% dengan kategori baik, hasil validasi ahli media yaitu 92% dengan kategori sangat baik, hasil validasi ahli bahasa 91% degan kategori sangat baik, dan hasil uji responden mahasiswa pada lembar kerja yang dikembangkan yaitu 87,50% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa produk lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:44
Last Modified: 10 Jun 2025 08:44
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item
View Item