Ira Meri Salma, Ira Meri Salma (2023) Kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di madrasah tsanawiyah jauharul iman, kec. jambi luar kota, kab. muaro jambi. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Komptensi Kepribadian Guru Akidah dalam pembentukan Akhlak siswa merupakan hal yang sangat penting dalam madrasah ini. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan Kepribadian Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan Akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Iman. Penarikan Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Kualitatif. Intstrumen Pengumpulan data dilakukan melalui dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak dalam pembentukan akhlak siswa dilakukan melalui dalam mencontohkan prilaku teladan terhadap Akhlak siswa, cara ia mengajak siswa-siswi untuk sholat dhuha, sholat zuhur, yasinan serta mengajak siswa-siswi yang dipilih untuk mengikuti ta’ziah, cara ia berprilaku terhadap kepala madrasah, kepada guru-guru dan kepada siswa. memberikan dan dapat mencontohkan melalui pelajaran akidah ke tingkah laku yang dapat diterapkan oleh siswa di sekolah maupun diluar sekolah. Dan tidak terlepas bekerjasama dengan kepala madrasah dan guru- guru untuk sama-sama membentuk akhlak siswa ke yang lebih baik. Kendala yang dihadapi yaitu tingkat kenakalan yang masih tinggi, kurang respon orang tua dan kurangnya kesadaran siswa untuk menjadi lebih baik. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendalanya yaitu dengan cara menegaskan kembali dengan peraturan-peraturan disekolah dan mengajak kepala madrasah serta, Guru Akidah Akhlak serta wali murid untuk bekerjasama merubah sikap dan tingkah laku siswa-siswi tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:30 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:30 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1139 |