Wulandari, Martina (2024) METODE PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN BETARA TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana
implementasi metode pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Nurul
Iman Betara Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Kegunaan penelitian
ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa gambaran umum kemampuan
siswa dalam membaca Al-Qur’an dan metode yang digunakan dalam
pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Nurul Iman Betara
Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nurul
Iman Betara Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Subjek dalam
penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru Tahsin Al-Qur’an, guru Al-
Qur’an Hadits, guru Mulok, siswa siswi Madrasah Aliyah Nurul Iman
Betara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)
Implementasi metode pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dengan
menggunakan metode kolaborasi Qira’ati, Iqra’, Jibril, Yanbu’a, Ummi, dan
Tilawati; (2) Faktor yang mempengaruhi yaitu: Faktor pendukung:
Kebijakan sekolah, sarana dan prasarana, motivasi siswa. Faktor
penghambat: Semangat siswa yang naik turun, daya serap siswa yang
berbeda-beda, kurangnya variasi teknik yang digunakan dalam
pembelajaran Tahsin Al-Qur’an, waktu, kurangnya konsentrasi siswa,
kurangnya percaya diri siswa, kurangnya disiplin siswa; (3) Upaya Guru:
Mengenal siswa secara Individual, memberikan umpan balik dan koreksi
yang konstruktif, memotivasi dan memberikan dukungan emosional,
melakukan evaluasi secara berkala, memberikan motivasi dan pujian.
Menggunakan variasi pendekatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Pascasarjana > Doktor Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:23 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:23 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1137 |