ERMAWAN, ERMAWAN (2024) IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMUNICATION (IMC) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA PERCETAKAN ANUGERAH PRATAMA PRESS JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini, industri sedang mengarah ke suatu proses yang dikenal sebagai
komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC).
Dalam menghadapi perubahan tren dan preferensi konsumen, penting bagi
perusahaan untuk terus mengkaji dan menyesuaikan strategi komunikasi
pemasaran mereka untuk menjaga daya saing di masa depan. tujuan penelitian ini
untuk mengetahui implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) dan
faktor pendukung serta penghambatnya dalam meningkatkan penjualan produk
pada percetakan CV. Anugerah Pratama Press Jambi.
Penelitian ini berpedoman atau mengacu pada teori komunikasi pemasaran
terpadu oleh Philip Kotler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil
observasi, wawancara mendalam pada 4 informan dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran
yang diterapkan oleh Percetakan CV. Anugerah Pratama Press Jambi untuk
meningkatkan penjualan produk melibatkan 3 elemen bauran IMC, yaitu
periklanan (Advertising), promosi penjualan (Sales Promotion), dan penjualan
personal (Personal Selling). Penggunaan ke 3 elemen bauran tersebut sejalan
dengan konsep komunikasi pemasaran terpadu yang dikemukakan oleh Philip
Kotler. Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) oleh
Percetakan CV. Anugerah Pratama Press Jambi mencerminkan kesesuaian dengan
teori konsep komunikasi pemasaran terpadu. Hal ini menandakan bahwa strategi
yang diterapkan oleh percetakan tersebut memperhitungkan aspek-aspek penting
dalam mencapai tujuan peningkatan penjualan produk. Adapun faktor pendukung
dalam penerapan (IMC) di percetakan CV. Anugerah Pratama Press Jambi ini di
antaranya pelayanan yang baik, Manajemen yang baik dan (SDM) yang inovatif
dan produktif. Selain itu juga di temukan Faktor penghambat yaitu tempat yang
kurang strategis dan promosi produk pada media sosial belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:07 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:07 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1131 |