Novita, Ayu (2024) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-HIDAYAH MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningatan hasil pembelajaran
melalui metode Discovery Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak dikalas
VIII Ibnu Sina MTS Al-Hidayah. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas berasal dari istilah
bahasa Inggris Classroom Action Research, yang berarti penelitian yang
dilaksanakan pada ruang kelas dengan tujuan untuk mengetahui akibat dari
tindakan yang menjadi subjek penelitian di kelas tersebut. Penelitian ini mengacu
pada model penelitian tindakan kurt lewin yang tahapannya meliputi perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTS Al-Hidayah Muaro
Jambi yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bawa pada kegiatan
pra siklus nilai rata-rata hasil belajar siswa hanya 64,5 dengan presentase 30,43%
siswa yang mendapat nilai di atas KKM, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I
yaitu 69,56 dengan presentase 47,82% siswa yang mendapat nilai di atas KKM,
kemudian nilai rata-rata pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,31
dengan presentase 86,95% siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Dari hasil
penelitian ini penerapan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil
belajar Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 06:25 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 06:25 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1124 |