Ma’unah, Alvi (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN MAKHARIJUL HURUF DENGAN METODE YANBU’A DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL-IKHLAS DESA LEMBAH KUAMANG KECAMATAN PELEPAT ILIR KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada santri
yaitu kelancaran santri dalam membaca al-Qur’an khususnya dalam melafalkan
makharijul huruf.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi
pembelajaran makharijul huruf dengan metode yanbu’a di Madrasah Diniyah
Takmiliyah Awaliyah Al-Ikhlas serta faktor penghambat dan pendukung dalam
pelaksanaan pembelajaran makharijul huruf pada santri. Jenis penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian
adalah guru kelas 2 MDTA, kepala madrasah dan santri kelas 2 MDTA. Jenis data
yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan sumber datanya
meliputi guru PAI ,kepala madrasah ,santri MDTA, dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi:
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data
dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan strategi
pembelajaran makharijul huruf dengan metode yanbu’a di MDTA Al-Ikhlas
dilakukan dengan teknik klasikal dan sorogan.Faktor penghambat dalam pelafalan
makhraj yakni santri malas dalam mengulang-ulang bacaan huruf,tidak
memperhatikan ketika guru menerangkan dan kemampuan santri yang berbeda-
beda.Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran makharijul huruf dengan
metode yanbu’a yakni guru selalu memberikan motivasi dalam pembelajaran
supaya santri memiliki semangat yang tinggi dalam belajar,tersedianya sarana dan
prasarana yang memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 06:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 06:06 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1115 |