Dynda Tri Wahyuni, Dynda Tri Wahyuni (2023) pengembangan handout berbasis etnomatematika pada materi bangun datar. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas tentang media pembelajaran menggunakan Handout Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar kelas VII di SMP N 6 Sarolangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, tingkat validitas, tingkat praktikalitas dan tingkat efektifitas Handout Berbasis Etnomatematika. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D dengan empat tahapan, yaitu tahap pendefenisian (Define), perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Berdasarkan hasil analisis validasi dari para ahli diperoleh hasil validasi media sebesar 83,8 % , hasil validasi materi diperoleh sebesar 75 %, dan hasil validasi bahasa diperoleh sebesar 89,5 %. Berdasarkan hasil angket respon guru terhadap praktikalitas penggunaan Handout Berbasis Etnomatematika memiliki persentase sebesar 97,7% “sangat valid” dan angket respon peserta didik uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 82% “sangat valid”. Selain itu terdapat uji coba efektifitas menggunakan hasil tes dan angket minat peserta didik. Hasil tes yang dilakukan diperoleh persentase keefektifan sebesar 87,5% “sangat baik” ketuntasan peserta didik dalam mengerjakan tes dengan syarat ketuntasan KKM 70 dan angket minat peserta didik diperoleh sebesar 85 % “sangat baik”. Berdasarkan hasil proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Handout Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 04:30 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 04:30 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1107 |