Ramadhan, Ikram (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN THINK-PAIR-SHARE DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas tentang perbandingan hasil belajar siswa antara yang
menerapkan model pembelajaran Make a Match dan Think-Pair-Share di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Barat pada pokok bahasan Bangun Ruang
Sisi Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model
pembelajaran Make a Match dan Think-Pair-Share mampu meningkatkan hasil
belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Pre-
test-Post-test Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Cluster Random Sampling dengan mengambil semua populasi menjadi sampel
dimana kelas VIII A berjumlah 25 siswa diajar menggunakan model pembelajaran
Make a Match sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B berjumlah 25 siswa
diajar menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share sebagai kelas
eksperimen II. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk essay
berjumlah 10 soal dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji ttest. Hasil analisis
pada taraf signifikansi 5% diperoleh 2,01053 < 59,38061 yang berarti bahwa
thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Make a Match dan Think-
Pair-Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri 1
Tanjung Jabung Barat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 04:17 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 04:17 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1102 |