Sevti afriyanti, Sevti afriyanti (2023) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV di madrasah ibtidaiyah nurul iman tanjung jabung timur. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Di Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Iman Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dengan siklus pertama yang
terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan
(observing), refleksi (reflecting). Hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa.Pada pra siklus
skor nilai siswa sebesar 2 dengan kategori kurang kreatif, dan hanya beberapa siswa saja yang
mencapai kategori cukup keratif dan kreatif. Setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat 3,68
Dan meningkat sangat signitifikan pada siklus II. Dampak yang diterapkan pada model
pembelajaran problem bases learning yaitu siswa semula tidak aktif dan malas mengikuti proses
pembelajaran kini sudah terlihat kreatif saat proses belajar berlangsung, siswa yang jarang
bertanyan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, siswa yang semula malas dalam
menyelesaikan soal-soal dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan semulatakut
bahkan malu-malu saat disuruh mempresentasikan hasil jawabnya, penggunaan model problem
based learning ini dapat meningkatkan pembelajaran tematik kelas IV di madrasah ibtidaiyah
nurul iman
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Kreativitas Belajar Dan Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 04:09 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 04:20 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1100 |