AGUS SALIM, AGUS SALIM (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MENERAPKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH RIYADHUL AMIEN DANAU LAMO KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
"PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MENERAPKAN
PERILAKU ISLAMI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH RIYADHUL AMIEN DANAU LAMO
KABUPATEN MUARO JAMBI" "Peneliti mendapati dizaman ini seorang guru terkadang lupa akan tugasnya,beberapa dari mereka juga tidak menjalankan perannya dengan baik. Hal ini menyebabkan rendahnya nilai Pendidikan yang ada,dibuktikan dengan marknya kenakalan pelajar di masyarakat. Hakikatnya seorang guru tidak saja dituntut untuk menyampaikan pelajaran dikelas,namun yang lebih penting dari itu adalah bagaimana seorang guru menjalankan perannya sebagai teladan yang baik bagi siswanya. Terkhusus untuk guru Aqidah Akhlaq yang darinya diharapkan agar dapat meperbaiki Aqidah dan akhlaq siswa. Seorang guru yang baik dan mengerti perannya akan selalu berusaha untuk menerapkan perilaku Islami dalam diri siswanya,yang dalam hal ini adalah menjadi cita-cita dari Pendidikan Islami. MTs Riyadhul Amien.
Tujuan dari diadakanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan perilaku Islami siswa disebuah Lembaga yaitu MTs Riyadhul Amien. Kemudian untuk mengetahui apa saja peran seorang guru Aqidah Akhlaq dalam menerapkan perilaku Islami dalam diri siswa MTs Riyadhul Amien.
Skripsi ini dibuat berdasarkan data lapangan dengan menggunakan metode kualitatif . Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam,dokumentasi dan observasi partisipan. Metode dekriptif kualitatif menjadi pilihan peneliti untuk menganalisis data yang telah dikumpulakn peneliti dilapangan secara factual dan menyeluruh.
Hasil dari penelitian ini adalah. Peran seorang guru dalam menerapkan perilaku Islami siswa di MTs Riyadhul Amien Danau Lamo mencakup beberapa peran berikut yaitu:guru aqidah akhlak tidak saja berperan sebagai pengajar dikelas ,menyampaikan ilmu secara teoritis,tapi seorang guru aqidah akhlak yang baik juga harus berperan sebagai teladan bagi siswanya,untuk menjadi teladan bagi siswanya seorang guru aqidah akhlaq harus mempunyai akhlaq dan budi pekerti yang baik berdasarkan pada pengetahuan aqidah dan akhlaq yang ia sampaikan dikelas. Peran terakhir seorang guru aqidah akhlak yang harus dijalani yaitu seorang guru aqidah akhlak harus dapat mengevaluasi siswanya terkait perilaku-perilaku menyimpang siswanya. Kesuksesan seorang guru aqidah akhlaq dalam menerapkan perilaku Islami juga karena adanya dukungan dan bantuan dari guru-guru lain dan Kepala Madrasah. "
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:50 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:50 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1093 |