Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam Penulisan Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanaipura Kota Jambi

Asmarita, Asmarita (2025) Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam Penulisan Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanaipura Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"ABSTRAK

Nama : Asmarita

NIM :204210014

Program studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Judul : Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam Penulisan Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanaipura Kota Jambi

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan Ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam penulisan teks eksplanasi pada siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia, namun seringkali siswa melakukan kesalahan dalam penggunaan EYD saat menulis teks ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data analisis dokumen dan wawancara. Data diperoleh dari teks eksplanasi yang ditulis oleh siswa dan hasil wawancara dengan wali kelas dan beberapa siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam penggunaan EYD, terutama pada penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penggunaan kata depan. Kesalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor yang saling berkaitan. Pertama, minimnya pengetahuan siswa tentang kaidah Ejaan yang disempurnakan EYD yang benar, Kedua, kurangnya motivasi belajar dan membaca, Ketiga, siswa tidak terbiasa melakukan pengecekan ulang terhadap tulisan mereka, Keempat, ketidaktelitian siswa dalam menulis, Kelima, kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran dan fokus pada aspek teoritis saja membuat siswa kurang tertarik dan kurang berlatih menerapkan Ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam praktik penulisan. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih memperhatikan pengajaran EYD, memberikan latihan menulis teks eksplanasi secara teratur kepada siswa, meningkatkan kerjasama dengan orang tua, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi pengembangan kemampuan menulis siswa.

Kata Kunci: EYD, Teks Eksplanasi, Kesalahan Penulisan"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:08
Last Modified: 05 Jun 2025 02:08
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item
View Item