Rejeki, Sri (2025) Sistem Informasi Buku Tamu (Sutamu) Berbasis Website di Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Pencatatan tamu di gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha
Saifuddin Jambi dilakukan dengan cara mencatat di buku kunjungan tamu. Metode
ini menyebabkan proses pengelolaan data menjadi kurang efisien. Untuk mengatasi
permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk perancangan sistem informasi buku
tamu berbasis website menggunakan PHP, HTML, MySQL dan framework
CodeIgniter. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pencatatan
tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan
menggambarkan secara rinci proses perancangan dan pengembangan sistem.
Pendekatan ini membantu memahami setiap tahap, mulai dari identifikasi masalah
hingga pengujian sistem, untuk memastikan sistem yang dibangun sesuai dengan
kebutuhan pengguna dan menjadi problem solving terhadap masalah yang ada.
Dalam tahap pengembangan, metode prototype diterapkan untuk memungkinkan
perbaikan dan penyesuaian sistem dalam dua iterasi perancangan yang
mempermudah tahap pengkodean. Setiap iterasi dimulai dengan pembuatan
perancangan sistem hingga tahap desain, kemudian dilakukan komunikasi kembali
kepada pengguna untuk mendapatkan umpan balik sehingga masalah dapat
teridentifikasi lebih awal. Sistem ini melibatkan tiga aktor, yaitu tamu, admin, dan
pimpinan. Tamu dapat mengisi data kunjungan dengan scan barcode untuk datanya.
Admin bertanggung jawab untuk mengelola data tamu, data admin, data pimpinan,
kritik dan saran, serta cetak laporan, sementara pimpinan dapat memantau data
tamu dan mencetak laporan kunjungan. Pengujian sistem dilakukan menggunakan
metode black box untuk memastikan fungsionalitas, serta User Acceptance Testing
(UAT) untuk mengukur sejauh mana sistem layak digunakan oleh pengguna. Hasil
pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat berfungsi dan sesuai dengan
kebutuhan pengguna. Hasil uji kelayakan sistem dengan skala Likert menunjukkan
nilai 87,96% yang menggambarkan kelayakan terhadap fungsionalitas dan
kemudahan penggunaan sistem ini. Dengan demikian, sistem ini berhasil memenuhi
kebutuhan pengguna, termasuk pihak admin, tamu, dan pimpinan, serta
memberikan solusi yang lebih praktis dalam pengelolaan data kunjungan tamu di
gedung Rektorat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 01:57 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 01:57 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1039 |