Handayani, Sri (2025) Penerapan alat peraga sebagai media pembelajaran benda konkret berhitung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar islam terpadu asy-syifa’ bayung lencir. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di kelas II SD IT Asy-
Syifa’ Bayung Lencir yang mengalami masalah berupa rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika juga menjadi motivasi utama dalam
penelitian ini, sehingga diperlukan penggunaan alat atau media pembelajaran yang
dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi yang
diajarkan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode
pembelajaran media alat peraga benda konret untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas II di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-Syifa’ Bayung Lencir. Jenis
penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media
pembelajaran benda konkret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
metode pembelajaran media alat peraga benda konkret dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas II di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-Syifa’ Bayung Lencir.
Hasil belajar siswa kelas II di SD Islam Terpadu Asy-Syifa Bayung Lencir pada
siklus I sebesar 72,29 dengan persentase ketuntasan sebesar 54,17%. Hasil tersebut
masih berada dibawah standar ketuntasan yaitu > 75% dan tujuan pembelajaran
belum tercapai. Selanjutnya rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas II di SD
Islam Terpadu Asy-Syifa Bayung Lencir pada siklus II sebesar 79,79 dengan
persentase ketuntasan sebesar 87,50%. Hasil tersebut berada diatas standar
ketuntasan yaitu > 75% dan tujuan pembelajaran telah tercapai.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 01:54 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 01:54 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1036 |