Meri Yanti, Meri Yanti (2023) Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Terhadap Investasi Bodong. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam terhadap investasi sebagai respon kasus investasi bodong yang
marak diberitakan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
deskriptif dengan metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara,
dokumentasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa
persepsi mahasiswa terhadap investasi lebih kecenderung ke persepsi positif yaitu
sebesar 67,14% dalam artian maraknya kasus investasi bodong tidak membuat
mahasiswa memiliki respon yang buruk terhadap investasi. Hal tersebut
dipengaruhi oleh faktor dalam diri seperti pengetahuan dan literasi, motivasi,
sikap, minat dan harapan. Sedangkan persepsi negatif sebesar 32,86%, sedikit
banyak masih terdapat mahasiswa yang memiliki persepsi yang buruk terhadap
investasi sebagai respon dari kasus investasi bodong. Persepsi tersebut
dipengaruhi oleh faktor suasana emosional, dan faktor internal seperti sikap,
motivasi, minat, dan pengalaman. Rata-rata mahasiswa masih memiliki persepsi yang
positif dan berminat terhadap produk-produk investasi baik bentuk investasi pada aset riil
maupun pada aset finansial. Namun terdapat fakta bahwa maraknya kasus investasi
bodong membuat beberapa mahasiswa memiliki ketidakpercayaan dan image negatif
terhadap produk keuangan sehingga lebih menyukai dan berminat pada bentuk investasi
riil dibandingkan bentuk investasi finansial seperti investasi tanah, properti, emas dan lain
sebagainya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:21 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:21 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1004 |